Profil PPID

Pelayanan Informasi Publik Danareksa

Seputar Layanan Informasi Publik Danareksa

Tentang PPID

 

PT Danareksa (Persero) dipercaya pemerintah sebagai Holding Spesialis Transformasi pertama di Indonesia yang menjadi pengelola BUMN lintas sektor. Perusahaan akan berperan dalam meningkatkan skala bisnis melalui penciptaan value creation dengan upaya transformasi bisnis dan membangun sinergi sehingga dapat bersaing pada skala global. 

PPID Danareksa merupakan kunci dalam mewujudkan komitmen Danareksa Group terhadap prinsip keterbukaan dan transparansi, sejalan dengan hak publik untuk tahu. Penerapan prinsip keterbukaan informasi yang baik pada akhirnya berdampak pada pengambilan keputusan yang tepat dan mendorong kepercayaan publik. 

Perusahaan menggunakan berbagai saluran komunikasi untuk memastikan informasi yang disampaikan efektif dan efisien seperti website media sosial. Selain itu, berbagai kolaborasi dengan media nasional dan media konvensional internal seperti majalah juga dioptimalkan sebagai sarana untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Selain ketersediaan, kecepatan, dan akurasi informasi, perusahaan juga berupaya menghadirkan layanan inklusif misalnya dengan menyediakan area layanan informasi langsung di menara Danareksa yang mudah diakses dan ramah difabel. 

Melalui berbagai upaya tersebut, perusahaan berkomitmen untuk mewujudkan visi PPID agar dapat “Menjadi Pusat Informasi Terdepan Bagi Publik dan Seluruh Pemangku Kepentingan, yang Mengutamakan Kecepatan, Akurasi, dan Inovasi Dalam Penyampaian Informasi”. Hal ini melibatkan pengembangan berkelanjutan dari sistem informasi yang lebih inovatif dan user-friendly, peningkatan kapasitas sumber daya pengelola informasi, serta penguatan kerjasama dengan berbagai pihak untuk memperluas jangkauan dan dampak penyediaan informasi. 

Sebagai Holding, Danareksa merencanakan integrasi yang lebih erat dengan PPID di anak perusahaan. Rencana ini bertujuan untuk menyederhanakan alur layanan informasi, memperkuat konsistensi dan akurasi informasi yang disampaikan, serta mengoptimalkan sinergi diseminasi informasi dengan anak perusahaan. Integrasi ini diharapkan dapat menciptakan platform informasi yang terpadu yang mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik dan memperkuat Danareksa Group sebagai BUMN yang informatif dan kolaboratif. 


 

Visi Dan Misi Pelayanan Informasi Publik Danareksa

Visi & Misi PPID

Visi : Menjadi Pusat Informasi Terdepan Bagi Publik dan Seluruh Pemangku Kepentingan, yang Mengutamakan Kecepatan, Akurasi, dan Inovasi Dalam Penyampaian Informasi.

Misi : 

  1. Menyelenggarakan layanan informasi sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Menyediakan saluran informasi yang responsif, user-friendly dan mudah diakses oleh publik dan pemangku kepentingan.
  3. Menyediakan informasi yang akurat dan terpercaya melalui standar verifikasi dan validasi informasi yang baik serta memastikan pembaharuan informasi secara berkala.
  4. Meningkatkan kompetensi sumber daya pengelola komunikasi dan informasi secara berkala
  5. Aktif menginformasikan tentang perkembangan terkini perusahaan sebagai bagian dari komitmen akan transparansi
  6. Membangun dan mengelola kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk memperluas jangkauan dan dampak informasi yang disediakan perusahaan
  7. Melakukan monitoring dan evaluasi berkala atas pelaksanaan kebijakan layanan informasi di perusahaan untuk meningkatkan kualitas layanan.  

Struktur Organisasi PPID PT Danareksa (Persero)

Tugas Pokok Dan Fungsi PPID PT Danareksa (Persero)

PPID atau Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi merupakan pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan/atau pelayanan informasi di PT Danareksa (Persero) berdasarkan Keputusan Direksi PT Danareksa Nomor : 027/Kpts.1000/12.2017 tentang Pedoman Pengendalian Informasi di Lingkungan PT Danareksa (Persero)

Tugas dan Wewenang

PPID atau Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi merupakan pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan/atau pelayanan informasi di PT Danareksa (Persero) berdasarkan Keputusan Direksi PT Danareksa Nomor : 027/Kpts.1000/12.2017 tentang Pedoman Pengendalian Informasi di Lingkungan PT Danareksa (Persero)

Atasan PPID

  1. Sekretaris Perusahaan PT Danareksa (Persero)
  2. Supervisi dan evaluasi kinerja PPID.
  3. Menyelesaikan masalah terkait manajemen pengelolaan & pelayanan informasi publik.
  4. Memastikan manajemen pengelolaan & pelayanan informasi publik berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  5. Pengambil kebijakan atas persetujuan Direksi.
  6. Melaporkan kegiatan pelayanan informasi kepada Direksi dan Komisi Informasi.

PPID

  1. Manager Humas & Sekretariatan
  2. Koordinasi pengumpulan seluruh informasi publik dari setiap unit kerja.
  3. Koordinasi pendataan informasi publik yang dikuasai.
  4. Penyediaan dan pelayanan informasi publik.
  5. Menolak permohonan informasi secara tertulis apabila informasi yang dimintakan merupakan informasi yang dikecualikan.
  6. Melakukan uji konsekuensi.
  7. Memastikan pengajuan keberatan sesuai prosedur.

Pelaksana PPID

  1. Staf Humas dan Sekretariatan
  2. Membantu PPID dalam menyimpan, mengklasifikasikan, & menyediakan informasi.
  3. Membantu PPID membuat laporan secara berkala.
  4. Mengelola buku registrasi permohonan informasi dan keberatan.
  5. Memberikan pelayanan terhadap permohonan informasi.
  6. Berhadapan langsung dengan pemohon informasi (jika diperlukan).
  7. Administrasi pelayanan informasi.
  8. Pemutakhiran Daftar Informasi Publik.

 

Jalur, Waktu Layanan dan Biaya

Jalur dan Waktu Pelayanan

Pelayanan Informasi Publik PPID Danareksa dilaksanakan melalui Ruang Layanan Informasi Publik dan/atau secara daring menggunakan formulir elektronik pada:

  • Senin – Jumat: 09.00 – 17.00 WIB
  • Istirahat  : 12.00 – 13.00 WIB
  • Jumat : 09.00 – 17.00 WIB
  • Istirahat  : 11.00 – 13.00 WIB


 

Standar Biaya Permintaan informasi Publik

Biaya yang dikenakan bagi permintaan atas salinan informasi berdasarkan Peraturan  Pimpinan Badan Publik  adalah

*** Tidak Dikenakan Biaya ***