PT Kawasan Berikat Nusantara

Merupakan Kawasan yang dimiliki dan dikelola oleh Pemerintah Indonesia dibawah naungan Kementrian BUMN melalui PT Danareksa (Persero) dan Pemerintah Daerah. Kawasan Industri Holding Danareksa akan melakukan transformasi pengelolaan kawasan industri dengan jangkauan lokasi yang lebih luas dan standardisasi Infrastruktur dan Digitalisasi layanan dasar bagi investor.

PT Kawasan Berikat Nusantara

PT Kawasan Berikat Nusantara

Bisnis PT KBN adalah mengelola kawasan industri baik yang berstatus kawasan berikat (Export Processing Zone) maupun non berikat. Pengertian kawasan berikat adalah wilayah tertentu di dalam daerah pabean Indonesia yang merupakan salah satu prasarana penunjang pengembangan ekonomi dengan menggunakan lokasi tersebut untuk meningkatkan industri pengolahan berorientasi ekspor yang mendapat insentif khusus yaitu pembebasan bea masuk dan pungutan negara lainnya. Fasilitas lain yang diberikan oleh pemerintah kepada investor di KBN bahwa 50% dari hasil produksinya dapat dipasarkan di dalam negeri serta investor asing dapat memiliki saham 100%.

Bergabung dalam Holding Danareksa dengan komposisi 1 lembar saham Seri A (Dwiwarna) milik Pemerintah RI, dan 73,15% milik PT Danareksa (Persero) serta 26,85% milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.